← Back

PROFIL DOSEN

Foto Dr. Maulidya Ulfah, M.Pd.I.

Dr. Maulidya Ulfah, M.Pd.I.

👤Kepala Pusat Publikasi Ilmiah dan Pemeringkatan (LP2M)
🏠Pendidikan Islam Anak Usia Dini
🏛️Fakultas Ilmu Tarbiyan dan Keguruan
AUD Counseling GuidanceBasic Concepts of Early Childhood EducationUtilization of Artificial Intelligence in learning

Jadwal Hari Ini

Friday, 07 November 2025

Grafik Jumlah SKS Mengajar

Semester Ganjil 2025/2026


0
D3
22
S1
0
S2
0
S3
0
MKU

Grafik Bimbingan Akademik Aktif

Berdasarkan Jenjang dan Tahun Angkatan Mahasiswa


0
D3
13
S1
0
S2
0
S3

Grafik Bimbingan Tugas Akhir Aktif

Berdasarkan Jenjang dan Tahun Angkatan Mahasiswa


0
D3
0
S1
0
S2
0
S3

Publikasi 5 Tahun Terakhir

Berdasarkan Sumber Data dan Tahun Terbit

PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF BAGI ANAK PEKERJA MIGRAN Inovasi Digital Menuju Keadilan Akses

Buku : EDU PUBLISHER

Buku ini yang berjudul Pendidikan Islam Transformatif bagi Anak Pekerja Migran: Inovasi Digital untuk Keadilan Akses dapat tersusun dan diselesaikan dengan baik. Buku ini hadir sebagai bentuk respons akademik dan empatik terhadap kebutuhan pendidikan anak-anak dari keluarga pekerja migran, kelompok yang kerap kali terpinggirkan dari akses pendidikan yang bermutu dan berkelanjutan. Fenomena migrasi tenaga kerja Indonesia ke luar negeri telah membawa dampak besar, bukan hanya terhadap struktur ekonomi rumah tangga, tetapi juga terhadap kondisi sosial dan psikologis anak-anak yang ditinggalkan. Tidak sedikit dari mereka yang mengalami kesenjangan emosional, hambatan pembelajaran, hingga keterputusan nilai-nilai agama dan budaya. Dalam konteks inilah, pendidikan Islam dituntut untuk tidak hanya berfungsi sebagai instrumen transmisi ilmu dan nilai, melainkan juga sebagai kekuatan transformatif yang membebaskan dan memberdayakan. Buku ini mencoba merumuskan suatu model pendidikan Islam yang relevan, kontekstual, dan inovatif dengan mengintegrasikan pendekatan transformatif dan pemanfaatan sumber belajar digital (digital learning resources). Tujuannya adalah untuk menyediakan alternatif pendidikan Islam yang mampu menjangkau anak-anak pekerja migran secara fleksibel, bermakna, dan berorientasi pada pembentukan karakter serta kesadaran sosial

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2025

Bermain dan Permainan Fondasi Emas Pendidikan Anak Usia Dini

Buku : EDU PUBLISHER

Buku ini,“Bermain dan Permainan: Fondasi Emas Pendidikan Anak Usia Dini”, hadir sebagai jawaban atas kebutuhan mendesak akan pendekatan pendidikan yang lebih manusiawi, alami, dan menyenangkan bagi anak usia dini. Bermain bukanlah sekadar kegiatan pengisi waktu, melainkan merupakan sarana utama bagi anak untuk mengenali diri, dunia sekitarnya, dan nilai-nilai kehidupan. Dalam berbagai penelitian dan praktik pendidikan anak, bermain telah terbukti menjadi metode paling efektif dalam menstimulasi perkembangan kognitif, sosial, emosional, fisik, bahkan spiritual anak. Pendidikan anak usia dini yang berkualitas tidak dapat dilepaskan dari aktivitas bermain yang terencana, bermakna, dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Buku ini disusun dengan mengacu pada berbagai referensi ilmiah, praktik pendidikan terbaik, serta nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pendekatan holistik dan integratif. Di dalamnya tersaji konsep-konsep penting mengenai hakikat bermain, jenisjenis permainan, prinsip pedagogis, hingga panduan aplikatif dalam mendesain kegiatan bermain yang edukatif dan menyenangkan.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2025

Digital Application-Based Parenting Management to Optimize Parents Educational Interaction with Early Childhood in the Context of Sustainable Education

Journals of Social

This study examines the implementation of digital application-based parenting management to optimize educational interactions between parents and early childhood children in Ngaliyan area, Semarang City. The digital era demands transformation of parenting patterns that are more adaptive and integrated with technology. This qualitative research involved 20 active PAUD schools as samples, with data collection techniques through in-depth interviews, observations, and documentation. The results showed that digital parenting applications can improve the quality of parent-child educational interactions by 73%, facilitate child development monitoring, and create learning continuity between home and school. The main challenges include low parental digital literacy (42%), limited internet access (28%), and resistance to changes in traditional parenting patterns (35%). The most effective applications integrate real-time communication features, child development tracking, educational content libraries, and expert consultations. This research recommends developing digital literacy programs for parents, providing adequate technology infrastructure, and continuous training to optimize the use of technology in parenting. Implementation of digital parenting management has proven to support the achievement of sustainable education goals that are responsive to the needs of digital native generations.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2025

PANDUAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DAN KAMPUS MERDEKA PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

Buku : EDU PUBLISHER

Penyusunan RPS ini merupakan komitmen Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) untuk menyediakan dan memfasilitasi kelengkapan perangkat kegiatan pembelajaran bagi semua anggota untuk mengimplementasikan kebijakan MBKM. RPS ini dikembangkan untuk menindaklanjuti rumusan profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang telah dirumuskan sebelumnya, kemudian mensinkronkan dengan kegiatankegiatan pembelajaran MBKM.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2025

Pemikiran dan Praktik Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Buku : EDU PUBLISHER

Buku ini merupakan hasil dari tindaklanjut kegiatan Perkumpulan Pendidikan Islam Anak usia Dini (PIAUD), yaitu Pendidikan dan Latihan (Diklat) Dasar PIAUD yang dilaksanakan antara bulan Agustus sampai Oktober 2021. Kami ucapkan terimakasih kepada para penulis yang sudah berpartisipasi dalam penulisan book chapter ini, semoga bermanfaat dan menjadi amal kebaikan semua. Selain itu, buku ini diharapkan menjadi acuan para praktisi dan pemerhati pendidikan anak usia dini.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2025

EXPLORING THE INFLUENCE OF PARENTAL-TEACHER ENGAGEMENT IN PLAY-BASED MATHEMATICAL LEARNING ON MOTOR DEVELOPMENT AND HEALTH OUTCOMES IN EARLY CHILDHOOD

Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi

The introduction of traditional dance to early childhood needs to be done in an interesting way to generate interest, and children's love for traditional Indonesian dance. This study aims to obtain empirical data on the effect of training methods dance with a sports approach dances and video tutorials on the ability to recognize traditional Indonesian in children aged 5-6 years. Using experimental research methods 2x2 factorial design, which consists of groups that get treatment and control groups. The sampling technique was carried out using technique cluster random sampling in 2 classes at 2 kindergartens,, and namely Amelia Kindergarten (20 children) 2 classes at Bintang Mulia Kindergarten (23 children), Pondok Aren District, South Tangerang, Banten, with a total of 43 children. Data normality test with Lielifors test found that all data were normal. Homogeneity test with Bartlett's test found that all data are

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2025

Buku Panduan Berpetualang dengan Tansportasi di Laut, Darat, dan Udara Usia 4-5 tahun dan 5-6 tahun

Buku Panduan

Buku Panduan Berpetualang dengan Tansportasi di Laut, Darat, dan Udara Usia 4-5 tahun dan 5-6 tahun

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2025

Pendidikan Anti Korupsi

Buku

Buku ini membahas tentang pengantar, mengenal nilai kejujuran dan tanggung jawab, pengenalan konsep korupsi dalam bahasa sederhana, belaajr jujur dari cerita dan dongeng, permainan dan aktivitas untuk mengajarkan kejujuran, menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan adil, dampak buruk ketidakjujuran dan korupsi dalam kehidupan, mengajarkan sikap transparan dan berani mengatakan kebenaran serta menanamkan sikap peduli dan saling membantu

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2025

Manajemen paud

Buku : EDU PUBLISHER

Buku ini hadir sebagai wujud kepedulian terhadap pentingnya manajemen yang profesional dan sistematis dalam penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia dini (PAUD). Pendidikan pada usia dini memegang peranan penting dalam membentuk karakter, kecerdasan, dan keterampilan anak di masa mendatang. Oleh karena itu, diperlukan manajemen yang baik agar lembaga PAUD dapat berfungsi optimal dalam memberikan layanan pendidikan berkualitas. Dalam buku ini, penulis berupaya menyajikan panduan praktis yang mudah dipahami dan diterapkan oleh para pendidik, pengelola lembaga PAUD, serta pihak terkait lainnya. Materi yang disajikan mencakup berbagai aspek manajemen, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga evaluasi dalam mengelola lembaga PAUD. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan studi kasus, tips, dan solusi atas berbagai tantangan yang sering dihadapi di lapangan.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Rotary Smart Board Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak

It is very important to develop the cognitive development of early childhood because cognitive development is one of the triggers for other aspects of development. The related problems in the field are that children are not yet optimal in recognizing alphabet letters and geometric shapes, and teachers are still minimal in using learning media. This research aims to improve the cognitive development of children aged 5-6 years at PAUD KB Persil. This research uses the Research and Development method. With data collection techniques in the form of observation, interviews, questionnaires, documentation. The analysis technique uses qualitative descriptive. The results of this research are a Rotar Smart Board media which has been declared "Feasible" to be used to improve cognitive development with media validation results of 91.67%, material validation results of 91.17% and user responses I and II results of 100%. Apart from that, the media trial results had an average score of 20.5% with a percentage of 60.5% of the 20 children in the (BSH) category developing as expected. Shows that the Rotary Smart Board media is suitable for use in children's learning processes.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2024

Faktor Penyebab Gifted pada Anak Usia Dini: Sebuah Studi Literatur Sistematis

Gifted: Journal of Early Childhood Education

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor penyebab gifted pada anak usia dini melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Giftedness merupakan fenomena kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai aspek seperti faktor genetik, lingkungan, serta interaksi antara anak dan lingkungan sekitarnya. Dengan menggunakan pendekatan SLR yang merujuk pada pendidik PRISMA, studi ini mengidentifikasi temuan-temuan utama dari berbagai publikasi ilmiah yang relevan dari tahun 2013 hingga 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor stimulasi lingkungan, keterlibatan orang tua, dan dukungan dari sekolah memainkan peranan penting dalam mengembangkan potensi gifted anak usia dini. Implikasi dari hasil ini diharapkan dapat memberikan arahan dalam pengembangan kebijakan dan strategi pendidikan anak gifted di masa depan.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2024

Pengembangan Model Neuroparenting Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini

UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Developed in education and parenting studies, neuroscience has been growing fast. Yet, it has not been largely applied for early childhood nurturing. This research aims to: 1) describe parenting practiced in RA district and town of Cirebon, West Java; 2) create a neuroparenting model for early childhood Islamic education; 3) describe the feasibility of neuroparenting model for early childhood Islamic education; 4) test the model on the students’ parents; 5) describe the effectiveness of the model in the students’ parents. Taking 4D-model of Research and Development a method, the study was carried out in 4 steps: defining, designing, developing, and disseminating. While data were obtained through observation, interviews, questionnaires, and tests, the product’s performance was measured by eight experts – comprising four material experts at neuroscience, parenting, early-childhood education, and psychology; two linguists; two media and instructional-design experts, and four colleagues. Forty parents and children from 4 RAs of Cirebon district and town took part in this research. Data were analyzed using qualitative descriptive, and product’s validity effectiveness was tested under statistical description. The results include the followings. 1) Parenting in RAs has been run within scheduled participation schemes in the form of Parentsgathering Class (KPO), parents-consult day, Parent involvement in gathering activities (KODAB), Parent involvement in the children’s class group and home visit but neuroparenting has never been discussed. It is seen from the analysis of need that 75% of parents understands the goals of parenting, but 100% of parents does not know brain development-based stimulation. 80% admits making a parenting mistake. 2) The product, a conceptual model, developed in neuroparenting model consists of: a) early childhood braindevelopment- base parenting knowledge; b) early childhood development and characteristics; c) positive brain-friendly parenting; d) parents’ brain-balance emotion maintenance; e) effective communication; f) healthy brain; g) brain-friendly activity varieties; and h) character building; 3) Experts’ assessments results are 84.67%, 84.67%, 88.67% and 83% from material experts, linguists, media and instructional design experts and colleagues respectively. These results are all very feasible; 4) Parents from RA Aisyiyah, RA Baiturrahman, RA Al Wasliyah and RA Tahfidz al Qur’an At Taqwa involved in the product trials by joining a training on parenting, instilling neuroparenting and getting the children habituated to it; 5) Pre-test and post-test score evaluation shows a significant increase after applying the product. The significant increase is also experienced by the students whose parents practice what neuroparenting book suggests. The result of parent evaluation is -14.025 with a 95% interval of confidence between -15.244 and -12.806 or t = 23.264 and degree of freedom = 39 and significant p-value = 0.00 < 0.05. In addition, the children development observation is -13.975 with a 95% interval of confidence between -15.744 and -12.206, or t value of -15.981 and pvalue of 0.000. This study provides a significant contribution to neuroparenting concept and early-childhood Islamic education integration presents a practical guidance for parents. It affects parents’ awareness of the importance of quality parenting, the improvement of knowledge of and skill at children’s growth and development stimulation, and character building. The book can be used as a teaching material in parenting training program for parents whose children go to early childhood schools.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2024

Model insersi pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran keagamaan Islam di SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK)

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah munculnya munculnya fenomena †œregenerasi†korupsi secara terdidik. Pada tahun 2011, usia koruptor termuda adalah 40 tahun (Angelina Sondakh). Tetapi pada tahuan 202, usia koruptor termuda adalah 24 tahun (Nur Afifah Bilqis). Semakin muda, memasuki dunia kerja termasuk politik semakin berani korupsi. Fenomena regenerasi dan kaderisasi korupsi tersebut disebabkan karena kegagalan pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) disiapkan untuk memasuki dunia kerja sejak muda, namun jauh dari perilaku koruptif. SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) didesain mampu bersaing dengan tenaga kerja asing baik dari segi hard skill maupun soft skill termasuk karakter Islami yang antikorupsi. Metode penelitian ini adalah Rn D model Borg dan Gall dengan 10 langkah yang terbagi dalam 3 tahap, yakni analisis kebutuhan, rancangan model, dan uji validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan antikorupsi di SMK-PK dilakukan secara insersi, yakni menyisipkan nilai-nilai antikorupsi ke dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru-guru PAI diberi pelatihan khusus tentang kompetensi antikorupsi, RPP dirancang bermuatan fikih antikorupsi, dan praktik pembelajaran menginsersikan nilai-nilai antikorupsi. Temuan penelitian ini berimplikasi terhadap pengembangan materi PAI yang responsif terhdap kasus-kasus korupsi dengan cara memberi tekanan khusus pada fikih antikorupsi.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2023

Tingkat Kecemasan dan Transendensi Orang Tua di Era Digital Pasca Pandemi COVID-19

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha

The Covid-19 pandemic, which requires all students to study online, has had an impact on many parents who experience difficulties in adapting to these changes, so many parents fall into anxiety conditions ranging from low levels (mild anxiety) to severe levels (severe anxiety), which if not managed properly can result in the next level such as stress, paranoia, depression, and other psychological impacts. The aim of carrying out this research is to check the level of anxiety and transcendence of parents. This research is classified as a quantitative type of research, with a total research sample of 6635 parents. Data was collected using a questionnaire with a research instrument consisting of 42 questions. The data obtained in the research was then analyzed using quantitative analysis. The results of the data analysis show that the anxiety level is at a high level, namely 80.77%, while the digital transcendence level is 57.42%, and the spiritual transcendence level is 91.77%. The high and low anxiety levels are directly proportional to parental transcendence, where there is a balance between digital and spiritual transcendence.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2023

Kurikulum dan pembelajaran PAUD

Buku

Pelaksanaan kurikulum PAUD di Indonesia perlu menjadi perhatian bagi semua stakeholders pendidikan, termasuk pendidik, orang tua, komite sekolah, terlebih lagi pemerintah. Adanya sinergi antara anggota pelaku pendidikan membuat kurikulum yang dijalankan di Indonesia akan berlangsung secara optimal. Anak-anak pada usia 0-6 tahun dapat belajar tanpa mengalami kesulitan yang berarti. Daya serap otak anak usia dini berada pada titik optimal, sehingga masa-masa usia dini disebut juga dengan usia emas atau golden ages. Sehingga, pelaksanaan kurikulum yang ideal dalam satuan PAUD, akan membantu mengoptimalkan perkembangan enam aspek pada anak yaitu nilai agama dan moral, sik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni. Buku ini memberikan gambaran yang berkaitan dengan kurikulum, dari bagaimana pelaksanaan kurikulum di Indonesia dan mancanegara, perkembangan kurikulum di Indonesia, strategi dan metode pembelajaran yang dilaksanakan di satuan PAUD Indonesia, penyusunan dokumen kurikulum PAUD, dan problematika kurikulum yang muncul dan masih diperbincangkan saat ini di Indonesia.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2023

PENGENALAN KONSEP ETNOMATEMATIKA MELALUI KEGIATAN EKSPLORASI BUDAYA LOKAL BANYUWANGI

Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

The introduction of ethnomathematics concepts through this exploration activity is very important to be applied to Early Childhood Education institutions. Because this activity aims to improve the ability to learn mathematics and culture in children, children must be introduced to ethnomathematics learning from an early age. This study uses Action Research with 2 cycles through planning, observation, implementation, and action procedures. The formulation of the problems in this study are: 1) How is the introduction of ethnomathematics concepts through Banyuwangi local cultural exploration activities 2) What are the results of the introduction of ethnomathematics concepts through Banyuwangi local cultural exploration activities, While the results of the study: 1) The process carried out is that children carry out mathematical exploration activities with objects typical of Banyuwangi culture with varied activities. 2) Research results In the pre-cycle the percentage of children was 35% and after the action was carried out in cycle I only 11 children out of a total of 17 children were declared able to achieve the minimum completeness criteria, with a percentage of 65%. Whereas in cycle II there were 14 children who had succeeded in achieving the minimum completeness criteria with a percentage of 82%. Based on the results of cycle II, it was not continued in the next cycle because it had reached the set classical completeness target, namely 80%.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2023

Development of money book to stimulate intelligence mathematical logic early childhood

Jurnal AIP Conference Proceedings

The background of this development research is that the researcher sees that the Child Worksheet (LKA)implemented in Lebah Kecil early school Cirebon is printed in small size and is not colored so that the child does not understand the purpose of the picture presented. The impact of the use of LKA media makes the level of intelligence of children's mathematical logic low. This research aims to develop learning media in the form of an activity book called Money Book to stimulate mathematical logic intelligence of children aged 5-6 years. This study uses the Research and Development methods through 6 stages, namely gathering initial information; product development design; product validation; product improvement; product trials; and product results. The study was conducted in Lebah Kecil early school in Cirebon. Data collection techniques with observation, interviews and questionnaires. The analysis of this study uses descriptive qualitative with percentage calculations. The results of this study are the level of mathematical logical intelligence of students in B group of Lebah Kecil early school in Cirebon City increased after the trial of the Money Book to 75.20% with the category developing as expected, Money Book media development consist of an introduction of numbers, variety of activities, and markets day, this Money Book media is declared suitable for use in learning to stimulate mathematical intelligence for children aged 5-6 years based on the results of 100% material expert validation, 78.84%, and teacher ratings by 90.00%.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2023

Neuroparenting: model stimulasi perkembangan otak anak

Buku

Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) menjadi upaya Pemerintah agar pendidikan yang diterapkan di sekolah dapat selaras dengan pendidikan atau stimulasi yang dilakukan di rumah. Neuroparenting menjadi bagian PAUD HI untuk mewujudkannya. Penulis berusaha menyusun buku panduan Model Neuroparenting dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini dengan dikemas secara sederhana agar lebih mudah dipahami dan dipraktikkan orang tua secara mandiri dalam kehidupan sehari-hari. Buku panduan ini berisi tentang pengasuhan berbasis perkembangan otak, karakteristik dan sesuai tahapan perkembangan anak usia dini. Model neuroparenting yang penulis kembangkan adalah mengenal Otak, mengetahui Perkembangan anak, menerapkan pengasuhan positif atau Love, menjaga kesatbilan Emotional orang tua, komunikasi efektif atau Communication, menjaga kesehatan otak anak atau Healthy and ragam Activity ramah otak pada anak (OPA LECHA). Semoga buku ini dapat bermanfaat untuk orang tua hebat yang membacanya

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2023

Fostering independent learning in early childhood: A case study on montessori pedagogy at PAUD Montessori Futura Indonesia

Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

The primary objective of this research is to assess the effectiveness of Montessori pedagogy in nurturing independent learning in early childhood education, specifically at PAUD Montessori Futura Indonesia. Utilizing a descriptive case study approach, the study examines daily routines, learning activities, and the role of educators in fostering independence. The findings indicate that children consistently engage in independent behaviors, such as choosing activities autonomously and requiring minimal teacher intervention. Educators are instrumental in crafting activities that bolster independent learning, and the learning facilities are strategically organized to facilitate this objective. The practice of age grouping within the institution further enriches the learning environment by instilling a sense of responsibility among older children. These outcomes have considerable implications for both research and practice in early childhood education, suggesting that Montessori pedagogy can effectively promote independent learning. However, the study is confined to a single educational setting and does not explore the Montessori approach's long-term effects or adaptability in diverse socio-cultural contexts. Future research is recommended to investigate these areas for a more holistic understanding of the efficacy of Montessori pedagogy in promoting independent learning.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2023

Neuroparenting Book Development: Stimulation of Children’s Brain Development

Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

This research aims to yield a neuroparenting book as the nurture model for stimulating children's development that is appropriate to be used by parents. The result of need analysis finds that parents are not yet optimal in stimulating the child’s development with various activities. Neuroparenting is a form of nurturing that optimizes the development of the brain. The methods used are the Research and Development 4-D model. The product is validated by experts and is trialed with 40 parents. The data gathering techniques are observation, questionnaires, interviews, and documentation. The analysis while disseminating the questionnaire was through descriptive analysis, and the product quality was through quantitative data analysis. The development of the book’s content includes nurture, child’s characteristics, positive upbringing, parents’ emotions, effective communication, child’s activities, health, and character building. This study shows that the result of the neuroparenting book is declared to be very appropriate to use, with the result from media experts at 84,67%, material experts at 84.33%, and language experts or linguists at 88,67%. Based on trials, this book has benefits for parents in order to increase the knowledge, attitudes and skills of the community in stimulating children's growth and development.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2023

Field Trips as Science Learning In Early Children

KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Field trip merupakan salah satu metode pembelajaran yang memberi kesempatan kepada anak-anak untuk mengamati atau mengobservasi dan memperoleh informasi secara langsung dengan berbagai benda di sekitar anak. TK Nara Islamic School Kota Cirebon menerapkan metode field trip dalam mengembangkan kemampuan sains. Jenis peneliti ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemerolehan data berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa field trip sangat efektif digunakan pada anak Taman Kanak-kanak karena anak dapat belajar secara langsung berbagai kejadian yang terjadi dan dapat merangsang anak untuk bertanya. Filedtrip diterapkan sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat. Pelaksanaan pembelajaran sains melalui kegiatan field trip diantaranya dengan memperkenalkan langsung anak ke alam. Anak dapat melihat, mendengar, merasakan, rasa dan menyentuh sesuai dengan yang distimulasi Pendidik. Anak juga dapat belajar secara langsung sehingga lebih mudah memahami. Keberhasilan penggunaan metode dalam pembelajaran sains melalui kegiatan field trip anak usia dini dapat teramati dengan hasil penilaian anak berkembang sesuai harapan dalam aspek memecahkan masalah dan berpikir logis.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2022

Adaptation to digital parenting in a pandemic: A case study of parents within higher education

South African Journal of Childhood Education

BackgroundUsing digital tools with children during the pandemic has positive and negative impacts. However, we must investigate how parents with higher education qualifications best apply digital parenting. AimThe aim of this article was to explore the practice of digital parenting with parents with higher education backgrounds, the digital tools used and the parents’ motivation during the pandemic. SettingThis research was conducted with parents who work as university lecturers in Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia. MethodsThis study involved 27 lecturers with children in early childhood education. Data were collected using structured interview techniques and analysed using presentation, reduction and verification techniques. The validity of the data was ensured through the triangulation of sources and the extension of the research time. ResultsThe results show that applying restrictive mediation through various regulations in using smartphones coupled with authoritative parenting is the leading choice for parents. During the pandemic, parents give children more freedom and time to use smartphones; therefore, they have to adjust their parenting patterns to counteract the negative impacts caused by these digital devices. However, the lack of parenting support, many work schedules and limited interaction time with children can affect this parenting style. ConclusionParents can implement a successful digital parenting transition during a pandemic. Support, motivation, communication, supervision, rules and restrictions imposed on children to continue to use smartphones according to their age are important factors to ensure parenting success in the digital era.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2022

Peran orang tua dalam pentingnya mengisi tangki cinta anak usia dini di era new normal

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Penelitian ini ditunjukan untuk melihat peran ayah ibu dalam mengisi tangki cinta, dan emosional anak pada saat keadaan new normal. Orang tua sangat penting dalam memberikan tangka cinta pada anak sedari dini terlebih dalam keadaan new normal pada saat ini sebab anak berada dalam keadaan dirumah tanpa adanya sosialisasi yang luas disebabkan adanya wabah Covid-19, dan harus mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak. Tangki cinta ialah yang diperlukan oleh anak sedangkan cinta adalah sebuah emosi, lupaan kasih sayang. Metode yang dipakai riset ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi untuk melihat secara langsung peran orang tua di TKIT Al-Umm Cirebon, wawancara untuk mendapatkan informasi yang lebih valid, serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam pengamatan ini …

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2022

Digital storytelling trends in early childhood education in Indonesia: A systematic literature review

JPUD-Jurnal Pendidikan Usia Dini

Digital storytelling is often used in various contexts today, especially in the world of education. Many educators have followed this trend in early childhood education (ECE). This study examines the application of digital storytelling in ECE in Indonesia. Using a systematic literature review (SLR) a method, this research is a qualitative approach which is also known as a meta-synthesis. The literature reviewed was 15 articles from 56 articles that researchers found in the Google Scholar database. The results show that digital storytelling serves as an important method and medium to ensure children's learning experiences are enjoyable. In general, it is used in ECE in Indonesia through simple technology. This technology can enhance a story or fairy tale by making it more fun, interesting, communicative, and dramatic. However, the findings of this review of studies and methodological gaps have implications for ECE policy, practice, and research in Indonesia.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2022

Penerapan Model High Scope dalam Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia Dini

AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak

The skills needed by children to understand mathematics are the ability to identify mathematical concepts that children can learn through play activities. Basically, children need meaningful activities, children like to take part in the activities of adults so that they feel useful and feel needed. This study aims to determine the learning process by using high scope models in learning mathematics beginning of early childhood at TKIT Sabilul Huda. The high scope model is a learning model based on the development of interactions. This learning model emphasizes the importance of direct child involvement and this learning model is child-centered. The methods and media used by the teacher in terms of learning mathematics beginning for children are less interesting and very far from the word fun for children. This study uses a descriptive qualitative research method, with a focus on research on the application of the high scope model in early childhood mathematics learning, while the primary data sources are principals, center class teachers, and children. The secondary data sources are references to both books and journals related to high scope models and mathematics beginning of early childhood. Data collection techniques using observation, interview, and documentation techniques. And checking the validity of the data using triangulation. The results of the study showed that the application of high scope models in mathematics learning for early childhood at the TKIT Sabilul Huda had been done well from the planning of learning, implementation, and evaluation of learning. The results of the application of the high scope model in early childhood mathematics learning can be seen from the teacher's assessment, the performance of the child and the work of the child who gets the value of developing very well and developing as expected.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2022

Panduan Implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka

Buku

Panduan Implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2022

ROADMAP PENELITIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

ROADMAP PENELITIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Profil Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Profil Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini

Buku

Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Pembentukan Karakter Anak dalam Konsep Merdeka Belajar: Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Konferensi Pemikiran dan Praktik Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Pembentukan Karakter Anak dalam Konsep Merdeka Belajar: Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Pola Pengasuhan Anak: Studi Fenomenologi Keluarga Muslim Di Bali

Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE)

Pola Pengasuhan Anak: Studi Fenomenologi Keluarga Muslim Di Bali

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Raudhatul Athfal (RA)

Buku

Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Raudhatul Athfal (RA)

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Pengembangan Buku Ajar Digital Parenting: Strategi Perlindungan Anak Usia Dini

Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Penggunaan teknologi yang tidak semestinya mengakibatkan adanya digital kidnapping, cyberbulllying, child grooming, kecanduan gawai, pornografi, bahaya kesehatan dan radiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar digital parenting sebagai strategi perlindungan anak. Metode yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan (RND) mengacu pada model pengembangan 4-D (define, design, develop dan desseminate). Produk divalidasi pakar media dan pakar ahli materi serta diuji cobakan kepada 15 orang tua anak selama 1 bulan. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis tahap pertama dengan analisis deskriptif dan teknik analisis kualitas produk adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Pengembangan isi buku yaitu bahaya dunia online, konsep digital parenting, pengasuhan anak, bersahabat dengan media digital dan sinergi peran dari orang tua dan sekolah dalam melindungi anak. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa buku yang dinyatakan layak digunakan dengan hasil dari ahli media 85%, ahli materi 82%, pengguna 88, 3% dan nilai rata-rata 85, 1%.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Does digital literacy influence students’ online risk? Evidence from Covid-19

Jurnal Heliyon

The adoption of online-based learning and the internet has had both a positive impact on students. This study aims to understand how digital literacy, parental mediation, and self-control affects online risk during the Covid-19 pandemic in Indonesia. This paper elaborated a quantitative method with SEM-PLS to raise the comprehension of the phenomenon studied. A questionnaire was voluntarily responded to approximately 300 elementary school students who engaged in online-based learning. The structural equation modeling estimation indicates that digital literacy, parental mediation, and self-control influences online risk. However, parental mediation failed in promoting students' self-control. These findings suggest that both digital literacy and parental mediation needs to be penetrated to reduce the impact of online risk in the teaching and learning process. This is the first step for schools and parents’ alertness in assisting and considering the appropriate and safe media using technology.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Augmented reality in education in era 4.0

European Alliance for Innovation

In the era of 4.0 with the growing use of wireless technology, Augmented Reality (AR) becomes an alternative to be used in learning media. Several studies have shown that this technology is effective as a medium for learning science and technology. Therefore, research is also needed to examine the effectiveness of AR technology in learning Islamic religious education. The aims of this study was to determine the effectiveness of AR on Islamic religious education learning. This study used a quasi-experimental method with a model of non-equivalent control group design. The experimental class consisted of grade 10 SMA (Senior High School) Sains Al-Qur'an Yogyakarta, Indonesia. The results showed that there was a significant difference between the control group and the experimental group. The experimental group was faster in understanding Islamic religious education learning than the control group.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Tontonan anak di Televisi: Paradoks dan Kontestasi Nilai Tontonan Anak di Media Televisi Nasional

Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Durasi dan intensitas menonton anak yang melebihi 4 jam dalam sehari akan membuat mereka adiksi sekaligus rentan terpapar bahaya konten negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam acara anak yang tayang di media televisi nasional, mengeksplor nilai positif dan menggambarkan nilai negatif dalam program acara anak. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek penelitian pada beberapa acara anak di media televisi nasional (Trans7, MNCTV dan TVRI). Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data, digunakan teknik trianggulasi dan perpanjangan waktu penelitian. Selanjutnya penelitian ini menyimpulkan bahwa ragam acara anak di televisi meliputi animasi anak dan edutainment. Kemudian terdapat nilai positif dalam tontonan anak yaitu nilai moral-spiritual, nilai sosial dan nilai budaya. Namun begitu, terdapat juga nilai negatif yakni hedonisme dan konsumerisme, nilai perilaku anti sosial serta nilai kekerasan. Secara umum penelitian menyimpulkan bahwa program anak pada televisi sebagian masih belum ramah anak.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Does digita l literacy influence students’ online risk

Jurnal Evidence from COVID-19, Heliyon

Does digita l literacy influence students’ online risk

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Does digital literacy influence students’ online risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7 (6), e07406

Buku

Does digital literacy influence students’ online risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7 (6), e07406

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini

Buku

Buku ini dimaksudkan untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), baik untuk mahasiswa calon guru yang sedang melaksanakan studi, para guru di sekolah, atau pun pihak lainnya yang concern terhadap pendidikan anak usia dini. Sebagaimana yang kita ketahui, asesmen merupakan salah satu elemen penting dalam tubuh pengetahuan (body of knowledge) pendidikan anak usia dini. Pada sisi lain, masih ada ambiguitas terhadap kata penilaian, tidak sedikit yang memaknai kata penilaian sebagai evaluasi, dan ada juga yang memberikan arti penilaian sebagai asesmen. Buku ini memberikan penekanan bahwa penilaian sebagai asesmen. Asesmen adalah proses untuk memperoleh data dalam berbagai macam bentuk yang menjadi landasan dalam membuat pertimbangan-pertimbangan sebelum mengambil keputusan terkait hasil belajar anak. Sedangkan secara sederhana, asesmen adalah sebuah proses baik dengan pengukuran maupun tidak, proses ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang karakteristik anak dengan mengacu pada aturan tertentu. Anak-anak pada usia 0-6 tahun adalah masa keemasan (golden age), dimana daya serap otak anak berada pada titik optimal. Implementasi asesmen yang tepat dalam satuan praktik pendidikan anak usia dini akan membantu mengoptimalkan perkembangan enam aspek pada anak, yaitu nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, Bahasa, sosial emosional, dan seni. Buku ini memberikan acuan dan panduan untuk pendidik, guru, mahasiswa, akademisi atau praktisi PAUD dalam memenuhi kebutuhan untuk memperkaya ilmu pengetahuan terkait Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Buku ini memberikan gambaran yang jelas berkaitan dengan asesmen, keterkaitannya dengan perkembangan anak, asesmen formal dan asesmen informal, strategi asesmen dan pelaporan asesmen perkembangan anak

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Does digital literacy in fl fluence students’ online risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7 (6), 2–6

Jurnal Heliyon

Does digital literacy in fl fluence students’ online risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7 (6), 2–6

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Implementasi Layanan Kesehatan, Gizi, dan Perawatan dalam Menanamkan Disiplin Hidup Sehat

ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Layanan kesehatan anak usia dini sangatlah berguna dan bermanfaaat guna memberikan pembiasaan baik pada anak, menjaga kesehatan agar anak terawat. Penelitian ini dilakukan di PAUD An-Nur Cirebon. Metode penelitian ini memakai deskriktip kualitatif, guna menjabarkan mengenai kesehatan, gizi, dan perawatan anak usia dini di PAUD An-Nur Cirebon. Sumber data yakni kepala sekolah, dan guru di PAUD An-Nur serta bidan yang bertugas mengecek kesehatan anak di lembaga PAUD An-Nur Cirebon. Teknik pengumpulan data penelitian ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini terbagi menjadi 2 yaitu reduksi data dan triangulasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan yakni guru maupun orang tua dapat bekerja sama dalam memberikan pelayanan kesehatan, gizi, dan perawatan dengan baik, dan sesuai arahan dari bidan yang bertugas mengecek kesehatan anak di PAUD An-Nur Cirebon. Selain itu, kesehatan, gizi maupun perawatan anak usia dini dapat dikontrol dengan baik serta dapat menerapkan pada anak.

Sumber Data: Google Schoolar | Tahun Terbit: 2021

Pengabdian Kepada Masyarakat

Berdasarkan Sumber Data dan Tahun Pelaksanaan

Kekayaan Intelektual (HKI)

Berdasarkan Sumber Data dan Tahun Terbit

Pendidikan Anti Korupsi pada Anak Usia Dini

Hak cipta nasional

Buku ini membahas tentang pengantar, mengenal nilai kejujuran dan tanggung jawab, pengenalan konsep korupsi dalam bahasa sederhana, belaajr jujur dari cerita dan dongeng, permainan dan aktivitas untuk mengajarkan kejujuran, menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan adil, dampak buruk ketidakjujuran dan korupsi dalam kehidupan, mengajarkan sikap transparan dan berani mengatakan kebenaran serta menanamkan sikap peduli dan saling membantu

Sumber Data: Sinta | Tahun Terbit : 2025

Pendidikan Anak Usia Dini

Hak cipta nasional

Pendidikan Anak Usia Dini

Sumber Data: Sinta | Tahun Terbit : 2025

Body of Knowledge (BOK), Profil Lulusan Lulusan dan Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Hak cipta nasional

Body of Knowledge (BOK), Profil Lulusan Lulusan dan Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Sumber Data: Sinta | Tahun Terbit : 2025

Buku Panduan Pelaksanaan Pelatihan Model Neuroparenting Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Hak cipta nasional

Developed in education and parenting studies, neuroscience has been growing fast. Yet, it has not been largely applied for early childhood nurturing. This research aims to: 1) describe parenting practiced in RA district and town of Cirebon, West Java; 2) create a neuroparenting model for early childhood Islamic education; 3) describe the feasibility of neuroparenting model for early childhood Islamic education; 4) test the model on the students’ parents; 5) describe the effectiveness of the model in the students’ parents. Taking 4D-model of Research and Development a method, the study was carried out in 4 steps: defining, designing, developing, and disseminating. While data were obtained through observation, interviews, questionnaires, and tests, the product’s performance was measured by eight experts – comprising four material experts at neuroscience, parenting, early-childhood education, and psychology; two linguists; two media and instructional-design experts, and four colleagues. Forty parents and children from 4 RAs of Cirebon district and town took part in this research. Data were analyzed using qualitative descriptive, and product’s validity effectiveness was tested under statistical description. The results include the followings. 1) Parenting in RAs has been run within scheduled participation schemes in the form of Parentsgathering Class (KPO), parents-consult day, Parent involvement in gathering activities (KODAB), Parent involvement in the children’s class group and home visit but neuroparenting has never been discussed. It is seen from the analysis of need that 75% of parents understands the goals of parenting, but 100% of parents does not know brain development-based stimulation. 80% admits making a parenting mistake. 2) The product, a conceptual model, developed in neuroparenting model consists of: a) early childhood braindevelopment- base parenting knowledge; b) early childhood development and characteristics; c) positive brain-friendly parenting; d) parents’ brain-balance emotion maintenance; e) effective communication; f) healthy brain; g) brain-friendly activity varieties; and h) character building; 3) Experts’ assessments results are 84.67%, 84.67%, 88.67% and 83% from material experts, linguists, media and instructional design experts and colleagues respectively. These results are all very feasible; 4) Parents from RA Aisyiyah, RA Baiturrahman, RA Al Wasliyah and RA Tahfidz al Qur’an At Taqwa involved in the product trials by joining a training on parenting, instilling neuroparenting and getting the children habituated to it; 5) Pre-test and post-test score evaluation shows a significant increase after applying the product. The significant increase is also experienced by the students whose parents practice what neuroparenting book suggests. The result of parent evaluation is -14.025 with a 95% interval of confidence between -15.244 and -12.806 or t = 23.264 and degree of freedom = 39 and significant p-value = 0.00 < 0.05. In addition, the children development observation is -13.975 with a 95% interval of confidence between -15.744 and -12.206, or t value of -15.981 and pvalue of 0.000. This study provides a significant contribution to neuroparenting concept and early-childhood Islamic education integration presents a practical guidance for parents. It affects parents’ awareness of the importance of quality parenting, the improvement of knowledge of and skill at children’s growth and development stimulation, and character building. The book can be used as a teaching material in parenting training program for parents whose children go to early childhood schools.

Sumber Data: Sinta | Tahun Terbit : 2024

Modul Story Telling Moderasi Beragama

Hak cipta nasional

Modul Story Telling Moderasi Beragama

Sumber Data: Sinta | Tahun Terbit : 2024

Manajemen paud

Hak cipta nasional

Buku ini hadir sebagai wujud kepedulian terhadap pentingnya manajemen yang profesional dan sistematis dalam penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia dini (PAUD). Pendidikan pada usia dini memegang peranan penting dalam membentuk karakter, kecerdasan, dan keterampilan anak di masa mendatang. Oleh karena itu, diperlukan manajemen yang baik agar lembaga PAUD dapat berfungsi optimal dalam memberikan layanan pendidikan berkualitas. Dalam buku ini, penulis berupaya menyajikan panduan praktis yang mudah dipahami dan diterapkan oleh para pendidik, pengelola lembaga PAUD, serta pihak terkait lainnya. Materi yang disajikan mencakup berbagai aspek manajemen, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga evaluasi dalam mengelola lembaga PAUD. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan studi kasus, tips, dan solusi atas berbagai tantangan yang sering dihadapi di lapangan.

Sumber Data: Sinta | Tahun Terbit : 2024

Digital Parenting: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak Dari Bahaya Digital?

Hak cipta nasional

Digital Parenting: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak Dari Bahaya Digital?

Sumber Data: Sinta | Tahun Terbit : 2024

Esensi Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester

Hak cipta nasional

Esensi Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester

Sumber Data: Sinta | Tahun Terbit : 2023

Panduan Implementasi Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka

Hak cipta nasional

Panduan Implementasi Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka

Sumber Data: Sinta | Tahun Terbit : 2023